5 Cara Menjaga Kewarasan Pikiran Ketika Harus Sendirian #DiRumahAja

Perintah untuk #DiRumahAja masih berlangsung sampai waktu yang belum ditentukan. Sebagian memanfaatkan momen ini dengan menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. Tetapi tidak semua lho, sebagian justru harus terkurung sendiri tanpa teman dan keluarga. Berada di tempat yang sama tanpa bisa ke mana-mana membuat pikiran pun jenuh. Rasa bosan, cemas, dan frustrasi harus dihadapi sendiri.

Bukan tidak mungkin kesendirian membuat kewarasan pikiran terganggu. Melakukan rutinitas yang sama setiap harinya di rumah dapat imbas ke kesehatan mental. Untuk mengatasinya, yuk ikuti cara menjaga kewarasan pikiran saat di rumah aja!

1. Meningkatkan kualitas ibadah

5 Cara Menjaga Kewarasan Pikiran Ketika Harus Sendirian #DiRumahAja

Ibadah dapat membuat hati, jiwa, dan pikiranmu menjadi tenang. Rasa cemas dan takut akan terkena penyakit menjadi berkurang dan kamu bisa lebih fokus terhadap hal-hal yang ingin kamu kerjakan. Lakukan ibadah secara rutin dengan terus belajar memperdalam ilmu agama dan memanjatkan doa setiap harinya. Meski berada di rumah sendirian saja, kamu takkan merasa sepi dan bosan karena yakin tuhan ada bersamamu. 

2. Menjaga pola tidur

5 Cara Menjaga Kewarasan Pikiran Ketika Harus Sendirian #DiRumahAja

Pola tidur yang berantakan dan kurang menjadi sebab kamu merasa cemas yang berlebihan. Cobalah untuk tidur yang cukup dan jangan memaksakan diri ketika merasa lelah. Istirahatkan pikiran dan tubuhmu untuk menjaga kewarasan dari pikiranmu sendiri. Dengan pola tidur yang teratur dan cukup kamu bisa lebih mudah mengatur kegiatan lain di rumah. 

3. Membersihkan rumah

5 Cara Menjaga Kewarasan Pikiran Ketika Harus Sendirian #DiRumahAja

Berada di rumah sendirian artinya kamu harus melihat dan berhadapan langsung dengan pekerjaan rumah. Jangan lalai dan menunda-nunda pekerjaan rumah. Segera bersihkan bagian rumah yang kotor, rapikan semua barang-barang, dan pastikan tidak ada baju atau cucian yang kotor.

Rumah yang bersih akan membuka hati dan pikiranmu. Selain itu ada perasaan puas yang kamu rasakan setiap kali selesai membersihkan sesuatu. Jadi jangan malas ya!

4. Tetap bekerja dan belajar

5 Cara Menjaga Kewarasan Pikiran Ketika Harus Sendirian #DiRumahAja

Mereka yang bekerja dan belajar jauh lebih bisa mengendalikan stres dalam dirinya. Rasa bahagia dan lega akan dirasakan setelah lelah bekerja dan belajar. Usahakan untuk terus bekerja dan belajar meski hanya sendirian saja di rumah.

Cobalah atur waktu yang tepat untuk bekerja dan sisihkan sedikit waktu untuk belajar atau sekadar membaca. Hal ini juga berguna untuk melatih diri tetap produktif meski sendirian saja di rumah. 

5. Menjalin komunikasi dengan orang-orang tercinta

5 Cara Menjaga Kewarasan Pikiran Ketika Harus Sendirian #DiRumahAja

Ketika hanya sendirian saja di rumah. Mau mengajak ngobrol tapi tidak ada satu manusia pun. Di zaman sekarang kamu jangan khawatir akan kesepian. Langsung hubungi saja teman, sahabat, atau keluargamu untuk melepas kangen pada mereka. Perbincangan singkat lewat telepon atau video call akan membuat pikiranmu tetap waras saat berada di rumah. 

Harus terjebak sendirian di rumah bukan berarti hidupmu tamat. Kamu harus tetap menjaga hati dan pikiranmu untuk tetap waras dan tenang dalam kondisi yang tidak menentu seperti sekarang. Patuhi segala perintah pemerintah dan jaga kesehatan fisik dan mentalmu selama masa pengasingan.