Jumlah Pasien Positif COVID-19 di Sumbar Bertambah Jadi Lima Orang

Padang, IDN Times – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengkonfirmasi lima warganya positif terinfeksi Corona Disiase (COVID-19). Jumlah lonjakan angka positif COVID-19 dalam satu hari ini, diketahui setelah hasil uji laboratorium keluar.

Menurut Kepala Biro Humas Setdaprov Sumatera Barat Jasman Rizal, dari 12 sampel yang sudah dikirim dan diuji, Balitbang Kemenkes RI menyatakan Tiga orang positif. Sementara, dua hasil lainnya dikeluarkan oleh Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (UNAND) Padang. Kelima pasien positif COVID-19 tersebut, berasal dari Kota Padang, Kabupaten Pesisir Pesisir Selatan, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Bukittinggi.

“Ya, sampai sore (Kamis) kita dapat informasi dari Balitbang Kemenkes RI. Hasilnya, Tiga positif COVID-19. Dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand, kita juga dapat hasilnya Dua orang positif. Jadi, semuanya Lima orang yang positif,” kata Jasman Rizal, kemarin.

1. Lacak riwayat perjalanan

Jumlah Pasien Positif COVID-19 di Sumbar Bertambah Jadi Lima Orang

Jasman menegaskan, sejak dinyatakan positif COVID-19, tim terpadu yang tergabung dalam Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera, segera turun ke lapangan untuk melakukan tracing sebagai upaya dari penyebaran yang lebih luas lagi.

“Nah, riwayat perjalanan, sekarang kita lagi tracking untuk kelimanya. Dari mana datang, dari siapa kontak, dengan siapa kontak, itu sedang kita lacak. Kalau sekarang, kita belum bisa jelaskan soal itu. Tim sedang bekerja di lapangan,”ujar Jasman. 

 

2. Kembali mengimbau

Jumlah Pasien Positif COVID-19 di Sumbar Bertambah Jadi Lima Orang

Dijelaskan Jasman Rizal, dengan adanya warga Sumatera Barat yang dinyatakan positif COVID-19, maka Pemerintah Provinsi Sumatera barat, kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga jarak, menjaga pola hidup sehat, berjemur di sinar matahari pada pagi hari dan kepada perantau, untuk menunda dulu jika ada rencana pulang ke kampung halaman.

 

3. Empat dirawat di RSAM Bukittinggi

Jumlah Pasien Positif COVID-19 di Sumbar Bertambah Jadi Lima Orang

Terpisah, Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyebutkan, jika saat ini Rumah Sakit Ahmad Mukhtar (RSAM) kota Bukittinggi merawat empat orang pasien positif COVID-19.

Dari empat orang pasien tersebut, Dua merupakan warga Kota Bukittinggi, satu  berasal dari Batusangkar dan satu lagi asal kota Padang. Hasil uji laboratorium ke Empat pasien tersebut dinyatakan positif.

“Yang ada di rumah sakit Ahmad mukhtar itu, sekarang ada tiga orang, satu orang akan masuk malam ini. Karena, hasil tes daripada dari pusat sudah positif. Dari empat orang yang positif, itu dua warga kota Bukittinggi, satu orang warga Batusangkar, satu orang lagi warga padang. Kesimpulannya adalah, empat orang hasil daripada tes empat orang itu, positif COVD-19. Barusan Gubernur telepon saya. Balitbangkes izinkan hasil dari penelitian Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas ini, diekspouse,” katanya.