5 Respon yang Tepat Saat Menghadapi Orang yang Berpikiran Kolot

Kamu pasti pernah menemui seseorang yang memiliki pendirian teguh meskipun sebenarnya hal tersebut salah kan? Dalam kehidupan sehari-hari, dia dapat disebut sebagai orang yang konservatif atau kolot. Orang tersebut tidak pernah mau mendengarkan pendapat orang lain yang menyimpang dari perspektifnya.

Padahal seiring berjalannya waktu, dunia itu akan terus mengalami perkembangan. Diperlukan adanya adaptasi agar tidak ada sesuatu yang menyulitkan diri. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika menghadapi orang tersebut. Tidak perlu menggunakan emosi, coba lakukan lima hal berikut ini.

1. Jangan ikut terpancing emosi, hadapi dengan bijak

5 Respon yang Tepat Saat Menghadapi Orang yang Berpikiran Kolot

Jika kamu dihadapkan dengan seseorang yang tak pernah mendengarkan pendapat, maka balaslah dengan bijaksana. Tidak perlu terpancing emosi sampai-sampau mengajaknya untuk bertengkar. Jika pertengkaran terjadi, maka sama saja kamu tidak jauh beda dari dia.

Cobalah berpikir bahwa pemikiranmu itu lebih tinggi daripadanya. Meskipun terkadang dia banyak memancing emosi, tetapi hadapilah dengan tenang. Jika kamu tidak tahan dengan kelakukannya, alangkah lebih baik kamu pergi menjauh darinya untuk sesaat.

2. Jangan menerima omongannya secara mentah-mentah, saring terlebih dahulu

5 Respon yang Tepat Saat Menghadapi Orang yang Berpikiran Kolot

Jika kamu ingin memiliki pribadi yang berkualitas, maka cobalah untuk menangkap semua persoalan menggunakan perspektif dua sisi. Meskipun pendapatnya tidak bisa diterima, tetapi cobalah untuk menganalisis perkataannya terlebuh dahulu.

Mungkin ada alasan kuat mengapa pendapat yang cukup buruk tersebut bisa keluar dari mulutnya. Jika melakukan hal tersebut, maka dapat dipastikan bahwa kamu tidak akan mudah terpancing ketika ada hal yang sama seperti itu di luar sana. Kamu pasti akan lebih bijaksana dalam menghadapi semua hal menjengkelkan itu.

3. Cobalah untuk menjadi teman diskusi yang baik

5 Respon yang Tepat Saat Menghadapi Orang yang Berpikiran Kolot

Ketika kamu memiliki seorang teman yang kolot, maka jangan pernah jauhi dia. Cobalah untuk menjadi teman diskusi yang baik. Hal itu akan sangat menguntungkan karena kamu akan belajar melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda.

Namun ingatlah bahwa jangan sampai pendirianmu itu tergoyahkan oleh perkataannya. Hadapi dengan santai saja tanpa disertai emosi. Dengarkan apa saja yang dia katakan karena hal tersebut dapat menjaga hubungan pertemananmu dengannya.

4. Jika sudah kenal cukup dekat, coba ajak debat dia menggunakan logika

5 Respon yang Tepat Saat Menghadapi Orang yang Berpikiran Kolot

Jika semua kelakuannya mulai ngelunjak, maka cobalah ajak dia untuk berdebat. Namun ingatlah jangan sampai kamu malah terjebak debat kusir. Kumpulkan semua teori yang bisa membuatmu unggul dalam perdebatan tersebut agar dia cepat sadar bahwa yang dilakukannya adalah hal kurang baik.

Jangan sampai perdebatan tersebut malah menimbulkan emosi antara kamu dan dia. Berpikirlah selayaknya orang berilmu yang mencari sebuah kebenaran. Jangan sesekali keluar kata kotor dari mulutmu yang menyinggung perasaannya.

5. Tidak usah memaksa dia untuk berubah selama belum merugikan orang lain

5 Respon yang Tepat Saat Menghadapi Orang yang Berpikiran Kolot

Pada saat bertemu orang kolot, satu-satunya hal yang pasti kamu pikirkan adalah ingin mengubah mindset-nya. Namun jangan pernah kamu memaksakan hal tersebut karena bisa saja malah berdampak buruk bagi kehidupanmu.

Jika pola pikirnya tidak merugikan orang-orang disekitarnya, maka biarkanlah dia tetap seperti itu. Ingatlah bahwa dia juga manusia yang butuh dihargai pula. Biarkan dia bebas mengekpspresikan pemikirannya selagi itu masih di ambang batas wajar.

Itulah kelima hal yang bisa dilakukan jika kamu menghadapi orang yang konservatif. Hadapilah dengan bijak, gak usah pakai emosi ya!