Oyo dan RedDoorz Kasih Kamar Hotel Untuk Tenaga Medis Covid-19

Setiap pihak dituntut ikut berperan aktif dalam menanggulangi pandemi Coronavirus Disease 19 (Covid-19). Para tenaga kesehatan yang menjadi garda terdepan penanganan pasien Covid-19 telah bekerja sangat keras dan kerap mendapatkan penolakan dari lingkungannya karena khawatir menularkan virus.

Pemprov DKI Jakarta telah menyediakan beberapa hotel untuk tempat istirahat para tenaga medis ini. Hal ini kemudian direspon oleh beberapa operator hotel online seperti Oyo Hotels and Homes Indonesia dan RedDoorz. Oyo secara khusus mengalokasikan salah satu hotelnya di dekat RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

“Di tengah pandemi ini tenaga medis menjadi pihak yang paling berisiko terdampak dan berisiko besar. Oyo secara khusus mengalokasikan sejumlah kamar hotel untuk mempermudah akses tenaga medis ini membersihkan diri dan menginap sehingga bisa beristirahar dengan lebih tenang dan nyaman,” ujar Alfian Lim, Country Head Oyo Hotels and Homes Indonesia dalam siaran persnya, Jumat (3/4).

Inisiatif ini juga telah dilakukan Oyo di India, Malaysia, dan Amerika. Oyo juga telah meningkatkan protokol standar untuk prosedur penanganan Covid-19 seperti pengecekan suhu tubuh sebelum check in, penggunaan masker, penyediaan hand sanitizer, menjaga higienitas, penyemprotan disinfektan rutin, dan sebagainya.

Sementara itu RedDoorz memberikan kontribusinya melalui program Red Heroes untuk memberikan akomodasi dan penginapan untuk para tenaga medis yang telah bekerja keras memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami memberikan akomodasi dengan lokasi yang dekat dengan beberapa rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 di Jakarta. Mitra yang dipilih adalah yang telah menerapkan SOP terkait pelayanan tamu sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sesuai penanganan virus ini,” kata Amit Saberwal, CEO dan Founder RedDoorz.

RedDoorz juga telah meningkatkan sistem keamanan maupun pelayanan untuk menyesuaikan dengan cepatnya wabah ini menular antar manusia. Misalnya dengan frekuensi pembersihan dan penyemprotan disinfektan di area-area publik dan menyediakan hand sanitizer di semua area publik.