Covid-19 Mengganas, Pemerintah Luncurkan Kartu Pra Kerja

MEDAN (DPR) – Di tengah mengganasnya wabah Covid-19 yang kini tengah melanda dunia, pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Kartu Pra Kerja. Peluncuran kartu ini pun dinilai positif oleh banyak pihak karena dinilai sangat membantu, terutama bagi masyarakat yang mengalami dampak langsung Covid-19 ini.

Ketua Perkumpulan Masyarakat Demokrasi 14 Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz mengatakan, dalam situasi tanggap darurat bencana covid-19 saat ini, masyarakat tetap mengikuti semua saran dari pemerintah, meskipun jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terus bertambah.

“Tetapi kami optimis, permasalahan ini dapat segara teratasi. Sebab reaksi dari pemerintah, baik daerah maupun pusat sudah cukup baik, khususnya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Kita bisa melihat upaya gugus tugas menangani permasalahan Covid-19 yang diketuai Gubernur Edy Rahmayadi terus bergerak dan bekerja,” urai Muhri Fauzi.

Ketua Masyarakat Demokrasi 14 Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz, SE.MA

Muhri Fauzi Hafiz, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Binjai.(japs/dok)

Menurut Muhri Fauzi, kehadiran Kartu Pra Kerja dalam merespon efek domino yang diakibatkan Covid-19 sangatlah baik dan di waktu yang tepat.

“Program Kartu Pra Kerja pasti sangat membantu masyarakat,” tandasnya.

Ada pun rincian manfaat yang diterima oleh pemilik Kartu Pra Kerja Tahun 2020 ini antara lain: Bantuan untuk pelatihan sebesar Rp. 1 juta per orang, uang intensif pasca pelatihan sebesar Rp. 600 ribu per orang selama 4 bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp. 50 ribu per orang dan setiap orang mendapat 3 kali survei. Sehingga bila ditotal keseluruhannya, setiap orang akan memperoleh dana dari program ini sebesar Rp. 3.550.000.

Untuk mendapatkan Kartu Pra Kerja, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya: berusia di atas 18 tahun, tidak sedang sekolah atau kuliah, pekerja sektor formal dan informal yang berdampak langsung musibah COVID-19. Untuk tindak lanjut program ini dapat mendaftarkan diri di halaman resmi WEBSITE :www.prakerja.go.id.(japs)