5 Fungsi Telur untuk Membuat Kue, Sudah Tahu?

Seperti yang kamu ketahui, telur merupakan bahan yang sangat familiar untuk aktivitas masak memasak. Bahan makanan seperti telur ini memang dapat diolah tidak hanya untuk makanan gurih, namun juga menjadi bahan pokok dalam pembuatan kue.

Namun, terlepas dari penggunaannya, sudahkah kamu mengetahui fungsi telur untuk membuat kue? Untuk kamu yang belum tahu apa saja fungsinya, berikut lima daftarnya!

1. Bahan makanan untuk mengikat adonan

5 Fungsi Telur untuk Membuat Kue, Sudah Tahu?

Mungkin kamu penasaran mengapa telur utuh sering digunakan untuk berbagai macam adonan makanan. Jawabannya adalah karena fungsi utama dari telur utuh yang dapat menjadi bahan pengikat untuk adonan yang ada. Tentunya dengan begitu, adonan yang digunakan juga dapat terikat dengan sempurna.

2. Memberikan cita rasa dan aroma

5 Fungsi Telur untuk Membuat Kue, Sudah Tahu?

Tak dapat dimungkiri bahwa memang aroma dan cita rasa telur dapat menjadi poin utama sekaligus kelebihan yang diutamakan. Telur utuh mampu mengubah cita rasa kue yang ada menjadi lebih lezat dan gurih. Tak cukup sampai di situ sebab aromanya juga khas dan semakin menggugah selera.

3. Memberikan warna keemasan pada kue

5 Fungsi Telur untuk Membuat Kue, Sudah Tahu?

Untuk bagian kuning telurnya, biasanya juga digunakan sebagai pewarna alami dalam makanan. Sebagai contohnya adalah kue nastar. Hal tersebut merupakan salah satu poin utama mengapa kuning telur sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan kue. Warna kuning telur yang digunakan juga menarik di mata.

4. Bahan untuk pembuatan krim

5 Fungsi Telur untuk Membuat Kue, Sudah Tahu?

Tentunya tak lengkap membicarakan tentang kue bila melewatkan krim sebagai salah satu bahan yang digunakan. Untuk pembuatan krimnya sendiri biasanya menggunakan putih telur yang dikocok dengan menggunakan mixer selama beberapa menit. Konsistensinya yang kental membuat krim tersebut menjadi lebih lezat.

5. Memberikan efek kering pada kue

5 Fungsi Telur untuk Membuat Kue, Sudah Tahu?

Jika kamu membuat kue dengan tekstur yang kering biasanya bahan pokok seperti putih telur tak akan terlewat begitu saja. Putih telur dapat memberikan efek kering dan lezat pada kue yang ada. Tentunya dengan begitu kue akan tampak lebih kuat dan tidak mudah lembek. Tak heran bila putih telur sering digunakan dalam pembuatan kue kering.

Nah, beberapa fungsi telur di atas dapat menjadi informasi menarik untukmu. Semakin tahu, semakin banyak ilmu!