Cucu Somantri Tunjuk Anaknya Jadi General Manager PT LIB

Jakarta, IDN Times – Di tengah pandemik virus corona, Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri, memilih anaknya Pradana Aditya Wicaksana untuk mengisi jabatan penting sebagai General Manager (GM) di operator kompetisi Liga 1 yang dia pimpin.

“Benar, Pak Pradana Aditya ditunjuk jadi General Manager PT LIB, Pak Cucu sendiri yang menunjuk langsung dia di posisi tersebut,” kata Direktur Bisnis PT LIB, Rudy Kangdra.

2. Posisi GM ada di atas direktur yang ada di PT LIB

Cucu Somantri Tunjuk Anaknya Jadi General Manager PT LIB

Rudy menyebut jika Pradana diangkat langsung oleh Cucu untuk mengisi posisi itu. Dan, jabatan General Manager ini disebut ada di atas sederet posisi direktur, termasuk Direktur Bisnis PT LIB, kecuali Direktur Utama yang diisi oleh Cucu.

Sebagaimana diketahui, ada beberapa posisi direktur yang ada di bawah GM, yakni Direktur Keuangan yang dipimpin oleh Anthony Chandra Kartawiria, yang sempat jadi Direktur First Media Tbk. Dan, posisi Direktur Operasional PT LIB, yang diisi oleh Sujarno.

2. Anak Cucu Somantri belum punya rekam jejak di dunia sepak bola

Cucu Somantri Tunjuk Anaknya Jadi General Manager PT LIB

Nama Pradana Aditya sendiri masih asing di telinga para pencinta sepak bola Indonesia. Maklum selama ini dia belum pernah terlibat langsung dalam organisasi sampai klub sepak bola. Namun demikian, dia punya banyak pengalaman mengemban jabatan penting di beberapa perusahaan, seperti Direktur Utama CV Kujang Sakti, Direktur Utama CV Aditya Karya, Direktur PT Putra Garuda Utama, sampai Direktur PT Warloka.

Latar belakang pendidikannya pun demikian, dia tak memiliki ilmu akademik yang pernah ditempuh di bidang olahraga. Dia adalah menyandang gelar lulusan psikologi dan satu lagi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi.

3. Pradana Aditya jadi nama kedua keluarga petinggi PSSI yang diberi jabatan

Cucu Somantri Tunjuk Anaknya Jadi General Manager PT LIB

Nama Pradana Aditya juga sempat mencuat saat dirinya maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Garut pada 2018 silam. Maju sebagai Wakil Bupati, dirinya dipasangkan dengan Agus Hamdani yang diusung partai PPP, Hanura dan PAN. Hanya saja mereka gagal karena hanya meraup 20,06 persen atau 239.848 suara, kalah dari pasangan petahana Rudy Gunawan-Helmi Budiman yang mengumpulkan 35,80 persen suara atau sebanyal 428.113 suara

Pemilihan Pradana Aditya ini jadi catatan kedua di mana keluarga petinggi organisasi sepak bola Indonesia masuk dalam jajaran penting pengurus baik di PSSI atau operator kompetisi PT LIB. Sebelumnya, ada nama Maaike Ira Puspita, yang notabene adik kandung dari Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PSSI.