Pemasukan Tidak Ada, 200 Satwa di Medan Zoo Terancam Kelaparan

DPR – Sebanyak 200 satwa di Medan Zoo terancam kelaparan akibat pandemi virus corona. Medan Zoo atau Kebun Binatang Medan yang berada di Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut) ditutup sementara sejak 23 Maret 2020 untuk mencegah mewabahnya virus corona.

Penutupan berdampak pada tidak adanya pemasukan Medan Zoo yang mengoleksi lebih dari 270 ekor satwa berbagai jenis. Dampak tidak hanya pada satwa yang berada di Lembaga Konservasi (LK) tersebut, tetapi juga pada gaji pegawai.

Direktur Utama Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan Kota Medan, Putrama Al Khairi, mengatakan bahwa dalam satu hari kebutuhan untuk makanan saja sudah sekitar Rp 3 juta. Saat ini kondisi satwa-satwa dalam kondisi baik, 2 dokter hewan dan pegawai ditugaskan selebihnya dirumahkan.

Disebutkannya, sampai saat ini satwa – satwa di Medan Zoo belum ada yang kelaparan. Meski demikian, untuk memenuhi kebutuhan makanan para satwa, pengelola terpaksa mencari hutang ke sana kemari.

Pihak pengelola Medan Zoo juga sudah mengumpulkan donasi dari kalangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota (Pemko) Medan sebesar Rp 32 juta. Kemudian bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sumut sebesar Rp 25 juta.

“Kita juga membuka koin donasi yang saat ini baru terkumpul sekitar Rp 1 jutaan. Alhamdulillah kita jugamendapatkan bantuan 200 ekor ayam dari Kebun Binatang Gembira Loka di Yogyakarta,” sebut Putrama. (sumber: primaberita.com)