Tata Cara, Niat, dan Keutamaan Salat Subuh

DPR – Salat subuh merupakan salat wajib yang dilakukan pada waktu terbitnya fajar. Berikut niat salat subuh dan keutamaannya.

Salat subuh adalah salat yang dilakukan dua rakaat. Dapat dilakukan secara sendiri-sendiri atau berjamaah.

Pada salat subuh, Allah menyeru melalui azan Subuh bahwa salat lebih baik daripada tidur. Allah menjanjikan rahmat bagi setiap orang yang menjalankan salat subuh.

Tata cara salat subuh dimulai dengan niat dan diakhiri dengan salam.

Berikut bacaan niat salat subuh:

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ (أَدَاءً /مَأْمُوْمًا/إِمَامًا) لله تَعَالَى

Ushallii fardash-Shubhi rak’ataini mustaqbilal qiblati (adaa’an/makmuuman/imaaman) lillaahi ta’aala.

Artinya: Saya niat salat subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’aala.

Adaa’an dibaca saat salat sendiri, makmuuman dibaca saat salat sebagai makmum, dan imaaman dibaca ketika menjadi imam.

Setelah itu salat Subuh dilanjutkan dengan takbiratul ihram, membaca doa iftitah, membaca Al-Fatihah, membaca ayat pendek, rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud, dan melanjutkan dengan rakaat kedua.

Rakaat kedua dimulai dengan membaca surat Al-Fatihah, membaca ayat pendek, rukuk, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud, duduk tahiyat akhir, dan salam.

Terdapat sejumlah keutamaan menjalankan salat subuh saat mengawali hari. Dalam surat Al-Isra’ ayat 78, Allah berfirman bahwa salat subuh itu itu disaksikan oleh malaikat.

“Dirikanlah salat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula salat) subuh. Sesungguhnya salat subuh itu disaksikan (oleh malaikat),” QS Surat Al-Isra ayat 78.

Allah menjanjikan perlindungan kepada orang-orang yang menjalankan salat subuh. Allah juga bakal menjauhkan orang yang menjalankan salat subuh dari api neraka. Sebaliknya, Allah bakal memberikan hukuman siksa api neraka bagi orang yang tidak menjalankan ibadah salat subuh.

Selain itu, dikutip dari buku “Belajar Menunaikan Salat 5 Waktu Sesuai Tuntutan Rasulullah”, disebutkan bahwa salah satu keutamaan orang yang menunaikan salat Subuh adalah langsung didoakan khusus oleh Rasulullah. Melalui hadis riwayat Tirmidzi bahwa Rasulullah bersabda, “Ya Allah, berkahilah umatku selama mereka senang salat Subuh”.

Buku karya Darul Insan itu juga menyebut orang yang menunaikan salat Subuh akan mendapat jaminan dari Allah dan, Subuh diketahui jadi waktu yang paling baik untuk memohon rahmat dan rida Allah. (sumber: cnnindonesia.com)