Ini Foto Penampakan Bulan Paling Jelas di Dunia

DPR | Seorang fotografer astronomi, Andrew McCarthy, berhasil mengabadikan foto Bulan paling jelas di dunia. Saking jelasnya, detail beberapa kawah yang terdapat di permukaan Bulan bisa terekam dalam gambar dengan sempurna.

Foto terbarunya itu ia posting di akun Instagram pribadinya pada 15 April 2020 lalu.

Jika memperhatikan fotonya, tampak seperti ada bayangan merayap di tepi kawah Bulan yang kemudian menyorot jelas permukaannya yang bopeng.
Menurut laporan New York Post, itu adalah foto paling jelas dari kawah Bulan yang belum pernah ada di dunia sejauh ini.
Untuk menciptakan mahakarya yang mengundang banyak decak kagum itu, McCarthy memanfaatkan momentum saat Bulan memasuki fase menuju purnama.

Ia menanti sampai wilayah terang permukaan Bulan meningkat. Peningkatan cahaya dan posisi yang baik dari terminator Bulan, alias garis antara sisi terang dan gelap Bulan, telah membuat permukaan dan kawahnya terlihat lebih jelas.
“Dari dua minggu gambar Bulan yang bersinar, saya mengambil bagian gambar paling kontras, disejajarkan dan ditumpuk untuk menunjukkan tekstur yang kaya di seluruh permukaan,” tulis McCarthy dalam keterangan foto di akun Instagram miliknya.

McCarthy mengakui bahwa projek semacam ini bukan sesuatu yang mudah baginya. Selama dua pekan, ia harus menumpuk ribuan gambar fase Bulan untuk menggarap projek bertajuk BEAST tersebut. Setiap gambar kemudian dipetakan ke bola 3D dan disesuaikan untuk memastian setiap gambar selaras. (sumber: kumparan.com)