Mall Barang Bekas di Swedia Masuk Guinness World Record

Dproperty.co.id | Sebuah mall yang menjual barang bekas di salah satu kota di Swedia rupanya telah masuk Guinness World Record. Mall ini memiliki luas 5000 meter per segi dimana di dalamnya dipadati oleh 13 gerai/toko.

Untuk bisa sampai ke mall ini, orang bisa menempuh perjalanan kereta api sekitar 1 jam dari Stockholm. Di kota Eskilstuna, mall bernama ReTuna didirikan dan menjadi salah satu cara kota Eskilstuna dalam upaya penekanan limbah. Selain itu kota ini juga ditetapkan sebagai salah satu konsep pengembangan kota sejak tahun 1990-an.

Informasinya ReTuna diresmikan pada tahun 2015 dan dinobatkan pula pada tahun 2020 ini sebagai pusat perbelanjaan pertama di dunia yang menjual barang daur ulang oleh Guinness Book of World Record. Adapun barang-barang yang dijual sangat beragam. Seperti berupa barang-barang elektronik, buku, bahkan mainan anak-anak. Selain itu perkakas rumas juga ada dijual di mall tersebut.

Menurut direktur ReTuna, pengalaman berbelanja di mall ini sama saja seperti saat berbelanja di mall konvensional. Pengunjung bisa mencari pakaian, bunga, buku, barang-barang olahraga, furnitur, dan lain sebagainya. Sebab ada cukup banyak barang konsep daur ulang yang dijual di ReTuna.

Namun ada pula yang lebih menarik dari bangunan dua lantai yang memiliki aroma khas barang bekas ini. Selain menjual barang-barang bekas atau barang daur ulang, mall ini ternyata menyediakan kursus desain khusus produk daur ulang selama satu tahun.

Kendati demikian negara Swedia memang memiliki tujuan untuk menjadi pemimpin ekologis. Caranya dengan menjadi negara netral karbon pada tahun 2045 nanti. Nantinya pada saat itu, Eskilstuna ingin menangkap lebih banyak lagi CO2 daripada yang dibuang. Serta tidak bergantung pada bahan bakar fosil.

(sumber: primaberita.com)