Penjualan Rp 2 Triliun, Ciputra Development Sebar Dividen Rp 8 per saham

Dproperty.co.id | Emiten properti, PT Ciputra Development Tbk. dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST), akhirnya menyetujui untuk membagikan dividen tunai sebesar Rp 148,3 miliar, atau Rp 8 per saham dari total laba bersih tahun buku 2019 sebesar Rp 1,2 triliun.

Dividen tunai dari Ciputra Development (CTRA) akan dibayarkan pada 3 September 2020. “Pada RUPST CTRA juga menyetujui pengangkatan Dian Sumeler sebagai Komisaris Utama Perseroan dan Tanan Herwandi Antonius sebagai Komisaris Perseroan,” kata Direktur Utama CTRA, Candra Ciputra, pada Kamis (30/07/2020).

BACA JUGA :   Tower Sapphire Laris Manis Saat Peluncuran Perdana

RUPST juga menyetujui pengangkatan Dian Sumeler sebagai Komisaris Utama Perseroan, dan Tanan Herwandi Antonius sebagai Komisaris Perseroan. Sepanjang 2019, Ciputra Development mencatat total pendapatan sebesar Rp 7,6 triliun. Perolehan itu berasal dari segmen pengembangan properti.

Yang meliputi penjualan rumah hunian, ruko, tanah, apartemen, dan gedung perkantoran, dengan total sebesar Rp 5,7 triliun. Sedangkan, pendapatan dari segmen pendapatan berulang, yang meliputi pusat perbelanjaan, hotel, sewa kantor, dan rumah sakit, mencapai Rp 1,9 triliun.

Selama 2019 Ciputra Development telah meluncurkan tiga proyek residensial baru yakni Citra Sentul Raya, CitraLand Driyorejo CBD, dan CitraGarden Puri Jakarta. Posisi Ciputra Development diklaim bisa semakin kokoh di bisnis properti nasional dan memberikan manfaat bagi perekonomian.

Candra menyampaikan nilai penjualan semester pertama 2020, mencapai Rp 2 triliun. Capaian selama periode itu turun 16,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu akibat dampak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait meluasnya dampak penyebaran Covid-19, Ciputra Development optimistis melihat tren bulanan.

Marketing sales di bulan Juni yang nilainya sebesar Rp 412 miliar, menurut Candra, sudah menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan dibanding bulan Mei yang sebesar Rp 310 miliar. Terlebih bila dibandingkan dengan kondisi bulan April yang sebesar Rp 154 miliar.

“Ciputra Development berharap tren positif ini dapat diteruskan, sampai akhir tahun 2020 demi mencapai target marketing sales, yang saat ini mencapai Rp 4,5 triliun,” pungkas Candra. Pada 2017 yang lalu, CTRA melakukan penggabungan usaha dengan anak-anak perusahaannya, seperti PT Ciputra Surya Tbk dan PT Ciputra Property Tbk.

(sumber: propertynbank.com)