ASN Pemkab Tapsel Dituding Tidak Netral

Teks Foto : Kadis Perikanan tapsel berpose bersama masyarakat dengan mengacungkan dua jari usai memberikan bantuan kepada masyarakat.

>>> Berpihak pada Salah Satu Paslon

SIPIROK (DPR) – Indikasi keberpihakan Aparatur Sipil Negara (ASN) muncul dari Tapanuli Selatan. Adalah Ranto Sibarani, kuasa hukum dari pasangan calon bupati/wakil bupati nomor urut 1 Roby Agusman Harahap-Muhammad Yusuf Siregar yang menyampaikan temuan dari timnya.

“Kami menemukan adanya indikasi keberpihakan ASN di Tapanuli Selatan,” katanya kepada RMOLSumut, Kamis (15/10).

Ranto menjelaskan, beberapa indikasi adanya keberpihakan ASN tersebut, antara lain terjadi saat pembagian bantuan pemerintah kepada masyarakat. Mereka berfoto dengan simbol dari paslon tertentu. Ada juga ASN yang mereka temukan berfoto bersama tim pemenangan pasangan calon dan jari mengindikasikan nomor urut pasangan calon tersebut.

“Dalam waktu dekat kami akan melaporkan hal ini ke Bawaslu Sumatera Utara dan juga kami akan melaporkan ini ke Komisi Aparatur Sipil Negara. Karena ini merupakan pelanggaran, bukan hanya pelanggaran kepemiluan, namun juga yang dapat berujung pada pidana,” ujarnya.

Diketahui Pilkada Tapanuli Selatan diikuti dua pasangan calon, yakni nomor urut 1: Roby Agusman Harahap-Muhammad Yusuf Siregar yang diusung Partai NasDem dan Hanura, dan paslon nomor urut 2: Dolly Putra Parlindungan Pasaribu-Rasyid Assaf Dongoran yang diusung tujuh parpol yakni PDIP, Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, PKB, PPP dan PAN, serta didukung lima parpol nonkursi yakni PKS, Partai Perindo, Berkarya, PBB dan Partai Gelora.

Kedua paslon yang akan bertarung dalam kontestasi Pilkada Tapsel 2020 kali ini merupakan anak mantan kepala daerah di Sumut. Calon Bupati Roby Agusman Harahap adalah putra dari anak Wali Kota Medan Tahun 2010-2013, Rahudman Harahap, sementara Dolly Putra Parlindungan Pasaribu merupakan anak dari Panusunan Pasaribu, Bupati Tapsel periode 1995-2001.(japs/rel)