Darma Wijaya Targetkan Sergai Masuk Lima Besar Lumbung Pangan Nasional

mediasumutku.com| SERGAI-
Calon Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya menargetkan kabupaten Serdang Bedagai masuk lima besar wilayah penyumbang pangan nasional.
Hal itu diungkapkan Darma Wijaya (Wiwik) saat meninjau perkebunan warga di Dusun 5, Desa Lidah
Tanah Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Jumat (23/10/2020).
“Sebenarnya potensi pertanian disini sangat besar, beberapa tahun lalu kita masuk 10 besar lumbung pangan nasional. Kita targetkan Dambaan akan mampu membawa Serdang Bedagai masuk 5 besar lumbung pangan nasional,” ungkapnya.
Kedepan, jika Dambaan terpilih, Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan akan menyediakan bibit berkualitas dan penyediaan pupuk terbaik yang ada.
“Kita harus buat masyarakat mandiri. Jangan bergantungan dengan pupuk subsidi. Karena rakyat akan malas dengan bantuan. Saya yakin, masyarakat mampu jika bibit yang ditanam adalah bibit unggul dan pengelolaan tanah bagus sehingga produksi akan meningkat,” jelasnya.
Apalagi katanya, Serdang Bedagai memiliki tiga irigasi besar yang bersumber dari sungai di Serdang Bedagai.

“Tentunya waktu masa tanam lebih singkat dan tidak hanya mengandalkan tadah hujan. Irigasi kita cukup, bersumber dari tiga irigasi besar, bendungan sungai ular, sungai belutu dan sungai di tebing ringgi. Irigasi ini bisa mengairi 12 ribu hektar lahan pertanian dan seharusnya produksinya juga akan naik,” ucapnya.
Sementara itu, salah seorang petani di Dusun 5 Desa Lidah Tanah Kecamatan Perbaungan, Hermanto mengeluh akan penyediaan modal, bibit dan pupuk.
“Kita disini kendalanya modal, pupuk dan bibit unggul. Makanya diminta pemerintah memberikan perhatian kepada petani,” ungkapnya. (MS6)