Kemendag Lepas Ekspor Kosmetik Senilai Rp22,9 Miliar

mediasumutku.com| MEDAN- Tahun 2020 ini, produk kosmetik Wardah dari PT Paragon Technology and Innovation telah melepaskan kontainer ekspor ke-53 yang seluruhnya dikirimkan ke Malaysia. Selama lebih dari 35 tahun, Wardah telah mampu memenuhi permintaan pasar Indonesia, lalu melebarkan pasarnya ke Malaysia, bahkan bulan Oktober ini ekspor ke Malaysia mencapai Rp22,9 miliar.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto pada acara pelepasan ekspor tersebut mengapresiasu PT Paragon Technology and Innovation yang mampu meningkatkan produknya ke pasar mancanegara walaupun sedang berada di tekanan pandemi dan perlambatan ekonomi dunia.

“Peluang ekspor produk kosmetik masih terbuka lebar karena permintaan dunia untuk produk kosmetik dan parfum pada 2019 tercatat sebesar USD 82,40 miliar,” katanya, Selasa(27/10/2020).

Sementara itu, ekspor produk kosmetik Indonesia berhasil mencatatkan nilai ekspor USD 135,67 juta pada periode Januari hingga Agustus 2020. Negara tujuan ekspor utamanya yaitu, Thailand dengan pangsa18,89 persen dari total ekspor dan Singapura (16,58 persen).

“Malaysia yang menjadi tujuan kontainer ekspor kali ini berada di posisi ke-3 dengan pangsa sebesar 10,71 persen. Selanjutnya diikuti Filipina (9 persen) dan Jepang (6,04 persen),” ujarnya.

Sebagai salah satu perusahaan kosmetik, Wardah menjadi salah satu merek kosmetik halal dan berkualitas serta telah menerima berbagai penghargaan. Beberapa di antaranya yaitu Pioner Kosmetik Halal di Indonesia dan Halal Top Brand dari Kementerian Agama bersama LPPOM Majelis Ulama Indonesia, Global Fastest Growing Brand dari Incosmetics Paris; Indonesia Original’s Brand and Customer Choice dari majalah SWA; Campaign of the Year dari Beauty Asia.

Masih banyak peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ekspor produk kosmetik Indonesia secara global. Hal itu ditunjukkan PT Paragon Technology and Innovation yang mampu menembus pasar Malaysia.

“Diharapkan dengan pelepasan ekspor ini, produk kosmetik ini dapat dikenal tidak hanya pada kancah domestik, tapi juga pasar internasional,” tandas Mendag.

CEO Paragon Grup Harman Subakat mengatakan, pelepasan ekspor ke Malaysia ini merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap perusahaan lokal.

“Hal ini membuat kami semakin optimis untuk membuka pasar mancanegara lainnya dan terus berkontribusi dalam perekonomian Indonesia,” ujarnya. (MS11/foto:ist)