Lima Nakes Positif Covid 19, Satu Puskesmas di Asahan Terpaksa Ditutup

mediasumutku.com | ASAHAN-Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Meranti, Kabupaten Asahan untuk sementara ditutup (Lockdown) sejak tanggal 26 Oktober 2020 kemarin. Penutupan pelayanan puskesmas Meranti tersebut dikarenakan ada lima tenaga medis di puskesmas tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Akibatnya, pelayanan kesehatan dialihkan ke puskesmas pembantu (pustu) terdekat dan Puskesmas Rawang Pasar IV, Asahan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, dr Elvina Tarigan melalui pengumuman lewat surat Nomor 441/2223/2020 tertanggal 26 Oktober 2020, perihal karantina mandiri.

Disebutkan, berdasarkan RT-PCR tanggal 23 Oktober 2020, sebanyak lima tenaga medis yang bertugas di Puskesmas Meranti terkonfirmasi Covid-19.

Sehubungan dengan itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Asahan memerintahkan Kepala UPTD Puskesmas Meranti untuk menutup pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Meranti selama 10 hari sejak tanggal 26 Oktober 2020.

Kadis Kesehatan juga memerintahkan seluruh staf UPTD Puskesmas Meranti untuk melakukan karantina mandiri, yang berakhir hingga apabila selama masa karantina seluruh staf puskesmas tidak menunjukkan gejala.

Selain itu, Kadis Kesehatan juga menerbitkan surat nomor 441/2223/2020 tertanggal 26 Oktober 2020, tentang peralihan sementara pelayanan kesehatan dan administrasi surat menyurat dan rujukan di Puskesmas Meranti ke Puskesmas Rawang Pasar IV, Kabupaten Asahan.

Pada kesempatannya ia juga menghimbau, kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada adaptasi kebiasaan baru dengan melakukan 3M yakni, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. (MS10)