Cegah Penyebaran Covid-19, Disdik Batu Bara Gelar LCC Daring

mediasumutku.com | BATU BARA – Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, MAP memberikan apresiasi kepada semua panitia, peserta Lomba Cerdas Cermat (LCC) daring dan penyelenggara dalam hal ini PT Bank Sumut dan Disdik Batu Bara serta dukungan semua pihak termasuk sekolah maupun media cetak dan elektronik. Kegiatan LCC berlangsung sejak 12 Oktober 2020 dan memasuki babak final, Selasa (27/10/2020).

Menurut Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, MAP, pada penutupan LCC daring dengan tema “Meningkatkan Prestasi dan Wawasan Literasi Keuangan Di Massa Pandemi Covid-19” dari Jakarta.

Menurut Zahir, anak-anak harus didorong untuk menabung dan menjadikan anak sejak dini sudah gemar menabung yang akhirnya dapat mencapai kesejahteraanya sendiri. Peran orangtua sangat diperlukan untuk membiasakan anak menabung, karena anak cenderung mengikuti orang tuanya sebagai gaya hidup.

BACA JUGA : Update Covid-19 di Kabupaten Batubara, Sudah Capai 153 Kasus

“Ke depan kita berharap Bank Sumut akan melakukan hal yang sama dengan mengikut sertakan Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara dalam kegiatan LCC daring,” papar Zahir.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lanjut Zahir yang terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan khususnya di kalangan kaum muda termasuk pelajar diharapkan bisa menjadi penggerak ekonomi dan program melek keuangan di masyarakat.

Zahir juga mengucapkan selamat kepada peserta yang menjadi juara I, II dan seterusnya. Jangan lekas berpuas diri dan begitu juga yang belum punya kesempatan jadi juara, jangan langsung berkecil hati. Teruslah belajar dan belajar untuk meraih prestasi.

Kadis Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus

Sementara Divisi Dana dan Jasa PT. Bank Sumut, Budi Ansari Nasution mengatakan kegiatan LCC daring yang digelar dalam suasana pandemi Covid-19, semoga bermanfaat karena dapat memfasilitasi proses pembelajaran secara kombinasi baik daring maupun luring.

Budi menyambut baik harapan Bupati Batu Bara, bahwa kegiatan LCC daring ini dapat ditingkatkan menjadi tingkat Provinsi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Batu Bara, Sakti Alam Siregar usai pemberian hadiah kepada para pemenang LCC daring didampingi Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus mengatakan bahwa lomba ini sekaligus ajang ujicoba pembelajaran daring yang dilaksanakan selama ini.

“Materi soalnya selain literasi keuangan juga terkait pembelajaran di sekolah. Sekali lagi selamat kepada para memenang dan semua anak-anak adalah pemenang dan yang terbaik. Kalian semua telah berjuang memberikan yang terbaik atas nama sekolah dan kecamatan,” kata Sakti Alam Siregar.

BACA JUGA : TMMD ke 109 di Batubara Ditutup, Pangdam Panen Jagung

Ketua Panitia Tobok Situmorang yang juga Ketua MKKS SMP mengatakan bahwa kegiatan LCC ini dilakukan berjenjang dari 54 sekolah SMP Negeri dan swasta yang terseleksi tinggal 12 sekolah sebagai perwakilan dari masing-masing kecamatan.

“Setelah babak final, pemenangnya adalah Juara I SMPN 1 Sei Suka, Juara II SMPN 1 Lima Puluh dan Juara III SMPN 1 Sei Balai dan masing-masing kelompok menerima uang pembinaan dan souvenir dari PT. Bank Sumut serta piagam penghargaan,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Batu Bara Ilyas Sitorus menyampaikan bahwa pelaksanaan LCC secara daring adalah upaya Pemkab dan Dinas Pendidikan untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kita juga mengimbau dan mensosialisasikan semua peserta, guru serta undangan lainnya agar menerapkan protokol kesehatan dalam perilaku hidupnya sehari-hari. Kita juga selalu ingatkan para siswa dan guru untuk tetap mematuhi 3 M. Yaitu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak,” tandas Ilyas Sitorus.

Harapan kita ke depan, tambahnya anak-anak ini menjadi pelopor dan menjadi contoh bagi teman-temannya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Jika tidak perlu, hindari keluar rumah dan berkerumun. Karena, proses pembelajaran pun masih didominasi sistem daring atau online.