Bursa Global Berada di Zona Merah  

mediasumutku.com| MEDAN-Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin menyatakan, bursa saham di Amerika Serikat ditutup di zona merah. Akan jadi sentimen buruk bagi pergerakan indeks bursa di Asia. IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) pada perdagangan hari ini dibuka melemah. IHSG melemah di level 5.133,54.

“Sementara itu, kinerja sejumlah bursa di Asia di pagi ini juga mengalami pelemahan. Mulai dari bursa di Jepang, Hongkong maupun China masih berada di zona merah sejauh ini,” kata Gunawan Benjamin, Jumat (30/10/2020).

Disisi lainnya, mata uang Rupiah masih mampu dibuka di zona hijau. Rupiah sejauh ini masih bertahan dikisaran 14.650 per US Dolar. Setelah sempat ditutup stabil di level 14.660 pada perdagangan kemarin. Kinerja bursa global memburuk setelah terjadi lonjakan kasus positif covid 19 di AS secara harian yang kembali mencetak rekor.

“Selain itu, perundingan stimulus sepertinya tidak akan disepekati hingga PILPRES di AS usai. Ekspektasi tersebut muncul setelah pembicaraan mengenai stimulus terus melemah belakangan ini. Belum adanya kesepakatan terkait dengan stimulus tersebut memperburuk kinerja indeks bursa saham serta membuat laju penguatan Rupiah terhenti,” ujarnya.

Pada perdagangan hari ini, baik Rupiah dan IHSG bisa saja ditutup di zona hijau. Meskipun sejauh ini IHSG melemah, tetapi pelemahan yang terbatas bisa saja membuat IHSG berbalik arah.

“Namun pelaku pasar harus mewaspadi kemungkinan memburuknya kinerja pasar keuangan seiring dengan libur panjang di pekan ini ditambah dengan kemungkinan sentiment buruk yang tidak terduga,” pungkasnya. (MS11)