Longsor, Jalan Penghubung Desa di Kecamatan Bandar Pulau Asahan Terancam Putus

mediasumutku.com | ASAHAN-Kondisi jalan penghubung antar desa tepatnya berada di kawasan perkebunan antara Desa Hutarao dan Desa Aek Tarum Kecamatan Bandar Pulau longsor dan terancam putus, pada Sabtu (31/10/2020).

Berada di kawasan perkebunan PT Bridgestone, longsor meruntuhkan badan jalan sekitar lebar 6 meter ke jurang, menyisakan lebar 2 meter ruas jalan. Akibatnya, jalan menjadi menyempit dan para pengendara roda empat harus ekstra hati-hati.

Longsornya jalan itu juga mengancam keselamatan para sopir truk yang membawa buah sawit yang melintasi jalur tersebut. Sebab, jalur itu merupakan jalur utama bagi warga yang hendak menuju ke Kecamatan Bandar Pulau, Mandoge dan sekitarnya.

Diduga, longsornya jalan akibat desakan air hujan yang berkapasitas tinggi, sehingga mengalir di sisi jalan. Badan jalan tidak kuat menahan empasan air hujan yang berkapasitas tinggi tersebut, sehingga air menghantam sisi jalan dan membuat jalan itu longsor.

“Longsor itu baru yang pertama kali terjadi karena luapan air hujan yang begitu deras” kata Mahmudin, salah seorang warga setempat.

Warga berharap, ada perbaikan menyeluruh dengan cara membuat isolasi atau parit di sepanjang jalan tersebut, agar kejadian seperti itu tidak terjadi lagi.

Sementara itu, pihak perkebunan melalui mandor, Suwandi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan perusahaan agar menggerakkan alat berat untuk jalan yang longsor tersebut.

“Kami sudah laporkan ke pihak Provinsi Sumatera Selatan karena itu jalan provinsi. Kami juga sudah mengerahkan alat berat untuk meningkatkan jalan alternatif agar warga dapat melintas dengan lancar,” terangnya. (MS10)