Dewan Pendidikan Kabupaten Batubara Dukung Siswa Belajar di Sekolah

mediasumutku.com | BATUBARA- Sejak Covid-19 melanda, pola pembelajaran di dunia pendidikan ikut berubah dan berdampak langsung terhadap peserta didik. Untuk itu, Dewan Pendidikan Batubara mendukung siswa belajar di sekolah.

Dewan Pendidikan di Dinas Pendidikan Batubara terus berupaya meningkatkan kualitas belajar mengajar di masa pandemi. Hal itu didukung oleh Komisi III DPRD Batubara. Terbukti, sejak diselenggarakan proses belajar tatap muka secara bertahap pada 7 September hingga sekarang.

“Sudah 162 UPTD SD dan SMP Negeri maupun swasta yang menggelar tatap muka. Dewan Pendidikan memiliki peran dalam memberikan pertimbangan atau masukan serta pemikiran dalam penyelenggaraan pendidikan,” kata Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara, Jumat (6/11/2020).

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Batubara, Zainal Alwi menuturkan, di era revolusi industry 4.0, pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang komplek dan menarik. Oleh sebab itu, Zainal Alwi menegaskan, bahwa tenaga pendidik dan kependidikan harus mampu melakukan transfer of knowledge seiring berkembangnya teknologi digital.

“Mau tak mau kita harus ber-ubah, apalagi dalam situasi COVID. Kita harus mampu menjadi mentor, fasilitator, motivator, inspirator, pengembang imajinasi, kreativitas, nilai-nilai karakter, serta team work dan empati sosial karena nilai-nilai itulah yang tidak dapat diajarkan oleh mesin,” kata Zainal.

Ketua Komisi III DPRD Batubara, Amat Mukthas yang hadir dalam pertemuan mengajak, Dinas Pendidikan untuk memperhatikan guru Non ASN dan rencana kerja kegiatan 2021.

DPRD Batubara, sambung Amat Mukthas, mendorong, Dinas Pendidikan memperhatikan kesejahteraan guru-guru maupun tenaga administrasi di sekolah, mengingat banyak program baru ke depan yang akan dilakukan. (MS10)