Kontribusi Ekspor Nonmigas di Sumut Cukup Tinggi 

mediasumutku.com| MEDAN- Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga menyebut, Sumatra Utara (Sumut) sebagai salah satu provinsi yang memberikan kontribusi ekspor nonmigas cukup tinggi bagi Indonesia.

“Saya sangat menapresiasi perusahaan sarang burung walet PT Ori Ginalnest Indonesia berhasil mengekspor sarang burung walet ke China, Eropa, Amerika Serikat, Australia, Taiwan dan Singapura sebesar Rp 24,29 miliar,”katanya, Minggu (8/11/2020).

Sedangkan PT Alpha Gemilang Sejahtera mengekspor 20 ton keripik singkong ke Korea Selatan secara rutin 2—3 kali dalam sebulan.

“Kita harus berikan apresiasi kepada para pelaku ekspor karena tetap bekerja keras, optimis, dan bisa mengoptimalkan peluang meski dalam masa pandemi. Ini juga berkaitan dengan ketahanan dan kemampuan beradaptasi perusahaan dalam berbagai keadaan,” kata Jerry.

Menurut Jerry, ekspor sarang burung walet meningkat secara konsisten di tengah pandemi.

“Indonesia menjadi negara penghasil sekaligus eksportir utama sarang burung walet di dunia. Bahkan tahun 2019 ekspor walet Indonesia berkontribusi 48,16 persen dari total ekspor sarang burung walet dunia,” tutur Jerry.(MS11)