Bobby Nasution Temui Penyandang Disabilitas

mediasumutku.com | MEDAN – Muhammad Bobby Afif Nasution menemui Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) di Jalan Merdeka Kelurahan Pulo Brayan Medan Barat, Selasa (10/11/2020).

Kepada para penyandang disabilitas, Bobby Nasution menyampaikan program yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Terutama disabilitas, Bobby akan bangun infrastruktur yang universal desain. Desain fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan, bisa digunakan

“Harus ramah untuk disabilitas. Trotoar, jangan tinggi kurang tinggi, harusnya itu semua jadi perhatian dalam pembangunan,” sambung alumni IPB itu.

“Alat bantu disabilitas juga akan dipasang. Ini ada namun tidak sungguh-sungguh. Ujungnya biasanya tidak ada lagi, kalau diikuti bisa jatuh,” tambah Bobby.

Disabilitas di Medan memang merasakan fasilitas publik susah dijangkau. Maka itu pembangunan universal desain sudah ada dalam visi-misi Bobby Nasution dan akan diterapkan.

“Semua harus bisa merasakan fasilitas umum, jangan hanya untuk yang normal saja,” kata Bobby.

Selain itu, Bobby Nasution juga akan berusaha untuk membuka kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas.

“Karena dalam undang-undang sebanyak 2 persen perusahaan harus pekerjakan disabilitas. Itu akan kami tekankan kepada perusahaan,” kata Bobby.

“Saya yakin kawan-kawan disabilitas pun bisa berkreasi, namun mereka tidak punya wadah. Nah untuk menampung wadah itu kita juga akan bangun creatif hub di tiap kelurahan yang juga bakal ramah disabilitas,” sambung Bobby.

Saat berdialog, Edi Suhardi salah satu pengurus PPDI yang juga mantan juara catur nasional di ajang olahraga disabilitas nasional (Peparnas) mengaku kurang diapresiasi. Saat itu Edi meraih medali emas. Namun dengan prestasi yang diperoleh tak ada diberi jaminan pekerjaan.

“Saya ingin kami semua (disabilitas) dapat pekerjaan,” kata Edi.

Bobby Nasution pun mengatakan seluruh prestasi yang mengukir nama baik Kota Medan akan mendapatkan jaminan beasiswa. “Termasuk teman-teman disabilitas yang berprestasi akan kita jamin pendidikannya hingga perguruan tinggi,” kata Bobby.

Ketua PPDI Medan Afni juga menyampaikan curhatan hatinya. Afni ingin ada perda yang menjadi perwal sebagai landasan aturan untuk menjamin kehidupan penyandang disabilitas di Kota Medan.

Koperasi UMKM untuk penyandang disabilitas juga tidak ada. Bahkan sering dipersulit. “Yang dapat bantuan malah yang bermobil. Kami diacuhkan,” katanya sambil meneteskan air mata.

Mendengar curhatan hati penyandang disabilitas, Bobby Nasution menyatakan akan berusaha keras merealisasikan keinginan mereka.

“Lahan usaha akan kami usahakan bagi teman-teman disabilitas. Kami siap diingatkan pembangunan kami nanti agar pro disabilitas. Kami siap menerima masukan dari teman-teman semua,” lanjut Menantu Presiden Joko Widodo itu.

Di sisi lain, kegiatan yang diinisiasi Simpatisan Bobby Aulia (Simba) pimpinan Robby Astiawan itu mengatakan maksudnya silaturahmi ini adalah untuk mendoakan Bobby-Aulia jadi wali kota Medan.

Kepada relawan Simba, Bobby minta agar segera bergerak bersama untuk datang ke TPS pada 9 Desember 2020 dan mencoblos paslon nomor urut 2.