Pemkab Sergai Diminta Revitalisasi Sungai Rampah

mediasumutku.com| SERGAI-Sejumlah tokoh masyarakat dari berbagai lembaga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai untuk merevitalisasi sungai Rampah. Pasalnya, setiap kali musim hujan, sungai Rampah meluap dan mengakibatkan banjir.

Hal ini disampaikan tokoh masyarakat saat beraudiensi dengan Penjabat sementara (Pjs), Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. Irman, di ruang audiensi Bupati, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (10/11/2020).
Sejumlah tokoh masyarakat yang ikuti audiensi yakni, Legiun Veteran RI Kabupaten Sergai, Eksponen 66, Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI), Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) dan Paguyuban Temu Kangen Bedah Budaya.
M. Kisai Dalimunthe, selaku Legiun Veteran RI Kabupaten Sergai, pada kesempatan itu menyampaikan, agar melakukan revitalisasi sungai Rampah untuk menghindari banjir di musim penghujan seperti saat sekarang ini.
Hal yang sama dikatakan Adenan Ali yang juga merupakan Legiun Veteran RI Kabupaten Sergai. Dia mendukung rencana revitalisasi sungai Rampah dan jika memungkinkan agar dilakukan sampai Kecamatan Tanjung Beringin.
“Selain itu, mohon perhatian dari Pemkab Sergai agar kiranya dialokasikan lahan pembangunan taman makam pahlawan sebagai bentuk penghormatan kepada jasa pahlawan,” harapnya.
Di kesempatan yang sama Bahrum Abbas dari Eksponen 66 dan PWRI berharap, pemerintah memberikan perhatian kepada para veteran yang masih ingin melakukan kegiatan produktif di masa-masa purna baktinya.

“Kami berharap perhatian pemerintah daerah semakin terus berkesinambungan terutama agar kami dapat berkegiatan dan berdayaguna meski dalam usia senja seperti saat ini,” harapnya.
Sementara itu Sekretaris PWRI Abdul Karim, menyampaikan masukan agar kiranya Pemkab Sergai dapat selalu mendukung kegiatan PWRI di tengah-tengah masyarakat.

“Kami berharap dapat terus difasilitasi dalam melaksanakan kegiatan positif agar berdaya manfaat bagi masyarakat, terkhusus di Kabupaten Sergai,” paparnya.
Usman Siregar pengurus BMPS menyampaikan aspirasi dalam menyikapi zaman dekadensi moral, dirinya berharap kebijakan pendidikan hendaknya merata dan fleksibel.
“Sebab masa pembelajaran daring ini telah menyulitkan siswa dan orang tua itu sendiri, terutama perguruan swasta. Agar kiranya kebijakan pembelajaran daring juga diikuti dengan solusi yang benar-benar tepat dan membantu,” pinta Usman.

Menanggapi aspirasi yang masuk dalam audiensi ini, Pjs. Bupati Sergai, Irman menyampaikan, pihaknya akan menindaklanjuti aspirasi yang disampaikan para tokoh masyarakat yang hadir, seperti, revitalisasi sungai Rampah dan sungai lainnya.
“Kemudian kita berbicara tentang keberadaan dan eksistensi organisasi veteran. Saya meminta, jajaran OPD terkait agar dilakukan verifikasi apakah terdapat peluang bantuan hibah kepada organisasi veteran agar dapat bekerja membantu pemerintah daerah,” tuturnya.
Irman menambahkan, terkait permintaan lahan Tanah Makam Pahlawan, Pemkab Sergai akan terus mengusahakan pembebasan lahan HGU guna dialokasikan salah satunya sebagai taman makam pahlawan selain untuk lahan kantor pemerintahan.
“Jika memang ada ruang, agar disuarakan dan disampaikan juga kepada DPRD terkait permohonan lahan taman makam pahlawan ini,” ujarnya.
Sedangkan masukan di bidang pendidikan dari BMPS, pihaknya menyambut baik saran dan masukannya dan semoga bersama segera mendapatkan solusi yang terbaik atas pola pendidikan di masa pandemi ini.
“Dan kesempatan ini mari kita berdoa agar pandemi Covid-19 segera berakhir guna normalnya kembali pola pembelajaran di sekolah-sekolah,” ucapnya.
Ingatkan Netralitas ASN
Pada kesempatan tersebut, Pjs. Bupati Sergai, Irman kembali mengingatkan agar ASN netral pada Pilkada 9 Desember 2020 nanti.

“Saya selalu mengingatkan kepada jajaran saya untuk selalu menjaga netralitas tersebut dengan sebaik-baiknya. Mari kita tetap jalin persatuan dan kesatuan guna membangun Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang kita cintai ini,” pungkasnya. (MS6)