Pengabdian Masyarakat Ditengah Erupsi Sinabung

mediasumutku.com|MEDAN- Tim Pengabdian Masyarakat Tema Kebencanaan (PMTK) Politeknik Negeri Medan yang beranggotakan Indra Siregar S.E.,M.Si.,Ak, Dr Benny B.Nasution, Dipl.Eng, M.Eng dan Muhammad Mabrur, S.T.,M T melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Desa Batukaranng Kuta, Kecamatan Payung Kabupaten Karo pada tanggal 10 November 2020.

Indra Siregar, anggota tim pengabdian mengatakan, pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk penyerahan dan pemasangan alat sensor gempa yang mengeluarkan suara dan menyalakan Lampu.

“Program Pengabdian Masyarakat ini didanai oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Medan. Tujuannya agar masyarakat di daerah rawan bencana dapat terbantu dalam menghadapi bencana yang mungin akan terjadi,” katanya, Rabu (11/11/2020).

Desa Batukarang Kuta terletak di dekat kaki Gunung Sinabung yang sampai saat ini berstatus Siaga /Level III dan sejak tahun 2010 terus menerus erupsi.

Kepala Desa ;Batukarang Kuta,Julius Sinulingga, menyambut baik bantuan yang diberikan.

“Masyarakat desa sangat berterima kasih kepada Politeknik Negeri Medan melalui tim pengabdian yang telah memberikan bantuan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat di tengah bencana yang terjadi,”ujarnya.

Menurut Indra, proses kegiatan ini tidak mudah dikarenakan erupsi Gunung Sinabung yang terus menerus terjadi dan menyebabkan proses pemasangan terkendala.

“Yang kadang sudah akan dilakukan terpaksa tertunda karena Gunung Sinabung erupsi dan mengeluarkan awan panas yang memaksa tim harus segera melakukan tindakan penyelamatan diri dengan meninggalkan lokasi pengabdian. Walaupun harus menghadapi kendala bencana, namun tim PMTK tetap komit untuk menyelesaikan kegiatan yang telah direncakan,” pungkasnya. (MS11)