HKN ke 56, Pemkab Sergai Bagikan Masker ke ASN dan Masyarakat

mediasumutku.com| SERGAI-
Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 56, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai membagikan masker kepada Aparatur Sipil Negara(ASN) dan Masyarakat bertempat di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (16/11/2020).
Dalam pelaksanaan apel HKN ke 56, Pjs Bupati Sergai Ir Irman, M. Si bertindak sebagai pembina apel, perwira apel dr. Helminur Iskandar, M.Kes dan pemimpin apel Selamet Hartono, S.KM.
Pjs Bupati Sergai Ir Irman dalam sambutanya memberikan apresiasi dan rasa bangga atas pelaksanaan kegiatan yang menyentuh langsung kepada ASN dan masyarakat seperti pada hari ini.
“Kegiatan ini memang sengaja dilakukan bukan pada pagi hari, namun lewat pagi sekitar jam 10 ke atas. Hal demikian karena manfaat sinar matahari yang terbaik bagi tubuh didapat pada sekitar waktu tersebut sebagai salah satu treatment menjaga kesehatan tubuh dan menguatkan daya tahan dari penyakit,”ucap Irman.
Meski penyebaran Covid-19 saat ini sudah mulai mereda, dia menghimbau, agar masyarakat tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan.

“Beberapa langkah strategis telah dilakukan untuk menangani Covid-19. Mengingat dirinya juga merupakan Ketua Bidang Satgas Covid-19 Kabupaten Sergai, termasuk menerbitkan peraturan Bupati Nomor 35 tahun 2020,” ucapnya.
Dengan dikeluarkannya Perbup tersebut lanjutnya, akan memudahkan untuk melakukan tindakan-tindakan operasional mulai dari sosialisasi maupun tindakan-tindakan yang diberikan kepada masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.
“Kekuatan dan kewenangan sebagai staf di provinsi untuk mendapatkan bantuan masker dan alat cuci tangan yang jumlahnya cukup banyak, masker, serta segala bantuan tersebut sudah dibagikan kepada masyarakat. Khususnya, kepada rumah ibadah karena dua poin dari tersebut adalah menggunakan masker dan mencuci tangan,” ucapnya.
Bupati berharap, setelah kembali bertugas ke provinsi maka upaya-upaya ini dapat terus dilanjutkan agar kesehatan masyarakat dapat terjaga dan meningkatkan angka kesembuhan di Kabupaten yang kita cintai ini.
“Hal demikian harus kita manfaatkan kita jaga dan kita tingkatkan serta jadi pelopor dan contoh bagi masyarakat dan jangan kita menghimbau kepada masyarakat melaksanakan 3M, sementara diri kita sendiri dan keluarga kita belum menerapkan hal tersebut,” ujarnya.
Kegiatan apel HKN ke-56 ditandai dengan pembagian masker kepada seluruh ASN yang ada di Kabupaten Sergai serta kepada masyarakat pengguna jalan di depan Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah.
Dalam kegiatan ini diharapkan seluruh ASN dapat menjadi penguat informasi kepada masyarakat agar seluruh masyarakat Sergai tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan gerakan 3M.
Disamping itu, Dinkes Sergai juga melaksanakan Gerakan 3T (Testing, Tracking dan Treatment) untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Dinkes membuka rapid test dan swab test di Klinik Bersaudara yang terbuka kepada ASN dan seluruh masyarakat,” pungkasnya. (MS6)