Pertamina Foundation Dukung Penelitian Kreatif untuk Inovasi EBT

mediasumutku.com| MEDAN- Program Pertamina Foundation sains atau yang biasa dikenal sebagai Kompetisi Sobat Bumi 2020 Proyek Inovasi energi baru dan terbarukan (EBT) merupakan wujud komitmen PT Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation dalam mendukung penelitian kreatif untuk inovasi pengembangan EBT.

Program PFsains mempunyai tujuan menghimpun hasil riset dan praktik-praktik energi alternatif yang implementatif untuk penyediaan energi di daerah terisolir atau 3T (tertinggal, terdepan dan terluar), serta berupaya menjawab permasalahan sampah perkotaan untuk inovasi biomassa.

Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph. D. selaku Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Bidang Riset dan Inovasi Nasional mengatakan, selama ini, produksi fossil fuel menurun sedangkan konsumsi terus meningkat, maka Indonesia berubah menjadi nett fuel importir, artinya lebih banyak mengimpor dibandingkan mengeskpor.

“Ketergantungan kita akan bahan bakar fossil ini akan memperberat neraca pembayaran kita, terutama di bagian impor bahan bakar minyak. Tentunya harus ada solusi agar ekonomi kita tidak tertekan terus. Salah satunya dengan menggunakan energi baru terbarukan. Salah satu EBT yang paling potensial adalah bio- energy dengan prinsip circular economy,” ujar Bambang dalam acara webinar bersama Pertamina Foundation, Jum’at (20/11/2020).

Presiden Direktur Pertamina Foundation, Agus mengatakan , awal mula diluncurkannya PFsains, pihaknya melihat pentingnya men-challenge generasi muda, researcher, akademisi, masyarakat umum untuk juga berpartisipasi dan peduli atas pengembangan new and renewable project khususnya terkait dengan community based research.

“Hal itu, agar hasil proyek sosial ini akan memberikan kemanfaatan yang luar biasa, terutama kepada saudara-saudara di Indonesia Timur dan daerah perbatasan dalam konteks untuk clean and affordable energy,” sebutnya.(MS11)