Pelaku Usaha Didorong Terus Promosikan dan Tingkatkan Ekspor Produk Indonesia

mediasumutku.com| MEDAN- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mendorong pelaku usaha di Indonesia untuk teris mempromosikan dan meningkatkan ekspor produk Indonesia.

“Kementerian Perdagangan mengapresiasi pelaku usaha yang telah mendukung upaya pemerintah pusat dalam gerakan nasional bangga buatan indonesia dan peningkatan ekspor,” kata Mendag, Sabtu (21/11/2020).

Mendag mengungkapkan, untuk mendorong pelaku usaha terus meningkatkan ekspor diperlukan peran pemerintah daerah.

“Pemerintah daerah memiliki peran penting bagi perekonomian nasional seperti, Jawa Timur. Selain sebagai pusat logistik dan perdagangan nasional, juga menjadi hub perdagangan untuk kawasan Indonesia Timur,” katanya.

Pada periode Januari–Oktober 2020, Jawa Timur merupakan salah satu dari tiga besar provinsi yang memberikan sumbangan besar bagi ekspor nasional dengan nilai ekspor sebesar USD 16,9 miliar (12,86 persen).

“Selain Jawa Timur, provinsi yang memberikan sumbangan terbesar terhadap ekspor nasional adalah Jawa Barat dengan nilai ekspor sebesar USD 21,53 miliar (16,37 persen), dan Riau sebesar USD 10,85 miliar (8,26 persen),” sebutnya.

Dikatakan Mendag, untuk mendorong ekspor, Kementerian Perdagangan telah menyiapkan strategi jangka pendek dan jangka menengah melalui pendekatan produk dan pasar.

Strategi jangka pendek dengan pendekatan produk yang berfokus pada tiga kategori produk, yaitu produk yang tumbuh positif selama pandemi Covid-19, produk yang kembali pulih pasca pandemi Covid- 19, dan produk yang muncul akibat pandemi Covid-19.

“Sementara untuk pendekatan pasar, strategi akan disesuaikan dengan mempertimbangkan kondisi negara tujuan ekspor selama penanganan Covid-19 di masing-masing negara. Hingga satu tahun ke depan, negara tujuan ekspor dapat difokuskan pada negara yang kondisi penanganan pandeminya sudah pulih atau mulai pulih, di antaranya Australia, Selandia Baru, Uni Eropa,” ucapnya. (MS11)