Tujuh ASN di Dinas PPKB Kabupaten Batubara Positif Covid-19

mediasumutku.com | BATUBARA – Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Batubara terpaksa ditutup sementara sejak Senin (4/1/2021). Karena, sebanyak tujuh orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Batubara terkonfirmasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan drg.Wahid Khusairy yang juga juru bicara Satuan Tugas Covid-19, dikonfirmasi wartawan, Senin (4/1/2020) membenarkan, hal tersebut. Ia menjelaskan, sebelumnya terdapat 12 ASN suspect yang dilakukan pemeriksaan PCR dan Swab, dan hasilnya memperlihatkan 7 ASN positif dan 5 negatif.

“Olehkara itu, demi mencegah penyebaran pandemic, maka dilakukan lockdown hingga waktu yang dibelum ditentukan,” kata drg.Wahid.

Kemudian, lanjutnya Satgas Covid-19 Kabupaten Batubara telah melakukan standaerd operasional prosedur (SOP) dengan melakukan isolasi terhadap ASN yang terkonfirmasi kemudian melakukan stressing antigen serta melakukan penyemprotan disinfektan rumah pasien dan kantor Dinas PPKB Batubara.

Sebelumnya sambung drg.Wahid, diduga penyebaran ini terjadi karena adanya seorang ASN yang terkonfirmasi positif, kemudian terjadi penularan ke ASN lainnya. Olehkarena itu, pihaknya telah mengimbau siapa saja dan seluruh masyarakat untuk benar-benar menerapkan protokol kesehatan dengan penuh tanggungjawab.

Dengan adanya penambahan 7 pasien ini, maka hingga kini total pasien Covid-19 di Kabupaten Batubara seluruhnya menjadi 189 orang, hingga 4 Januari 2021. (MS10)