Darma dan Adlin Ziarah Bersama Sultan Deli XIV

mediasumutku.com|SERGAI- Pasangan Bupati dan Wakil Serdang Bedagai (Sergai) terpilih 2021-2024, Darma Wijaya dan Adlin Umar Yusri Tambunan mengantarkan Sultan Deli XIV tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam untuk berziarah kubur di Kompleks Pemakaman Kesultanan Kerajaan Bedagai bertempat di belakang Masjid Jami Islamiyah di Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringin, Selasa (5/1/2021).
Dalam kesempatan itu, Darma Wijaya dan Adlin Tambunan bersama Sultan Deli XIV tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam menaburkan bunga diatas makam raja Bedagai pertama Tengku Ismail Soeloeng Laut. Selain itu penaburan bunga beserta penyiraman air juga dilakukan pada makam Tengku Zainal Rasid serta Tengku Bendahara yang merupakan keluarga dari Kerajaan Bedagai
Darma Wijaya yang memiliki gelar Datuk Payung Negeri menyampaikan, ziarah merupakan salah satu praktik sebagian besar umat beragama yang memiliki makna moral yang penting.

“Kadang-kadang ziarah dilakukan ke suatu tempat yang suci dan penting bagi keyakinan dan iman yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk mengingat kembali, meneguhkan iman atau menyucikan diri,” katanya.
Darma Wijaya mengaku, bangga atas kehadiran Sultan Deli di Tanah Bertuah Negeri Beradat. Karena, kehadiran Sultan Deli ini dapat membawa hal yang positif bagi masyarakat kabupaten Serdang Bedagai, khususnya masyarakat adat Melayu.

“Kita berharap, silaturahmi ini akan tetap terjalin untuk memajukan kabupaten Serdang Bedagai,”ujarnya.
Dikatakan Darma Wijaya, kedepan dibawah kepemimpinannya bersama Adlin Tambunan, pihaknya akan memugarkan makam Kerajaan Bedagai.

“Karena, kita menganggap bahwa makam kerajaan Bedagai merupakan sejarah peninggalan Kerajaan Bedagai yang harus dijaga dan dilestarikan,” terangnya.
Ditempat yang sama, Sultan Deli XIV Tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya pasangan, Darma Wijaya dan Adlin Tambunan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Sergai 2021-2024.
“Dengan terpilihnya bapak kami saya berharap akan menjadi pemimpin yang amanah, dapat menjadikan Tanah Bertuah Negeri Beradat menjadi sebuah Kabupaten yang maju dengan pembangunan yang merata,” ungkapnya.
Bercerita sejarah, lanjut Sultan Deli XIV tuanku Mahmud Lamantjiti Perkasa Alam, Sultan Deli yang pertama kalinya datang di Tanah Bertuah Negeri Beradat pada tahun 1930-an.

“Sultan Deli pertama datang di Tanah Bertuah Negeri Beradat adalah pada tahun 1930-an, nah, hingga hari ini belum ada Sultan Deli yang datang lagi di Kabupaten ini, untuk itu, saya adalah Sultan Deli kedua yang datang di Serdang Bedagai,” sebutnya. (MS6)