Dua Rumah Terbakar di Tarutung, Seorang Nenek dan Cucunya Selamat

mediasumutku.com | TAPANULIUTARA – Kebakaran hebat menghanguskan dua unit rumah di Desa Hutatoruan dusun II, Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) pada Rabu (6/1/2020) dini hari. Dua rumah seketika rata dengan tanah dalam peristiwa itu. Beruntung, seorang nenek bersama cucunya yang berusia 8 tahun yang terjebak saat kejadian berhasil menyelamatkan diri. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Informasi yang diperoleh, adapun dua rumah yang terbakar diketahui milik Diana boru Simorangkir alias Op Stefani (64) dan dan Opung Dewi Br Sihombing (80). Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 00.40 WIB dini hari.

Kapolres Taput AKBP Muhamnad Saleh melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing membenarkan, peristiwa kebakaran itu saat pemilik rumah sedang tidur.

“Kebakaran itu terjadi Rabu pukul 00.40 wib dini hari tadi. Dari hasil interogasi dan keterangan yang kita himpun dari saksi dan juga korban pemilik rumah, kebakaran terjadi tiba-tiba saat pemilik rumah tidur pulas,”terang Walpon Baringbing.

Dilaporkan, salah satu pemilik rumah Diana Br Simorangkir menjelaskan, bahwa pada malam itu pukul 23.00 wib, dia masih bangun, namun di rumah tidak ada terjadi sesuatu. Setelah pukul 00.40 dini hari, dia terbangun karena kepanasan dan melihat api sudah membesar di ruang tengah dan belakang.

Setelah itu, korban pun membangunkan cucunya Dika Lumbantoruan (8) yang saat itu tidur bersama-sama dengannya. Saat mereka bangun, korban dan cucunya pun bingung keluar karena di pintu depan dan belakang sudah api.

Namun, korban pun menerobos keluar dari pintu belakang dengan dengan cara memeluk cucunya. Setelah korban di luar rumah, lalu korban bersorak-sorak minta tolong dan warga pun berdatangan. Setelah warga berdatangan, warga pun membantu tetangga korban Op. Dewi Br Hombing agar keluar dari rumah karena api sudah menjalar ke rumahnya.

Mobil pemadam kebakaran Pemkab Taput yang tiba setengah jam saat kejadian baru dapat memadamkan api dan kedua rumah telah habis dilahap si jago merah. (MS10)