Pemkab Sergai Gelar Upacara Hari Amal Bakti Kemenag

mediasumutku.com| SERGAI-Memperingati hari amal bakti Kementerian Agama kr 75 tahun, Pemerintah Kabupaten Sergai menggelar upacara di halaman Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sergai di Sei Rampah, Selasa (5/1/2021).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Wakil Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya, perwira upacara, Sarifuddin Daulay, serta Komandan upacara, Winardo.
Dalam sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan oleh Wabup Sergai, Darma Wijaya menyampaikan, di usia 75 tahun Kemenag ini, harus dimaknai dengan menempatkan prestasi sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang.
“Kemenag memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain, atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya mengawal tugas-tugas Kemenag,” kata Yaqut Cholil Qoumas.
Peringatan HAB ke-75 mengambil tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan program nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Sebab tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.
Dalam kesempatan ini juga, Kemenag RI ingin mengingatkan, tentang semangat Kemenag yang baru mengelola Kemenag dalam bentuk manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik.
Selanjutnya penguatan moderasi berahama dan persaudaraan umat beragama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air serta mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.
“Semoga pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa dan kemanusiaan ini segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah SWT. Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara,” pungkasnya.
Usai melaksanakan upacara peringatan HAB, masih kegiatan dilanjutkan dengan temu ramah bersama tokoh masyarakat moderasi beragama di Kabupaten Sergai.
Plt. Kakan Kemenag Sergai, Zulkifli Sitorus mengatakan, dalam peringatan HAB ke-75 ini penekanan ada pada Moderasi Antar Umat Beragama, sebab kerukunan antar umat beragama sangat penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
“Saya melihat terutama di Kecamatan-kecamatan telah banyak tumbuh bibit-bibit moderasi antar umat beragama. Seluruh umat beragama ikut serta memberikan andil dalam menjaga kondisi aman dan dinamis dalam kehidupan bermasyarakat,”ucapnya.
Menanggapi hal tersebut, Wabup Sergai, Darma Wijaya menyambut baik dan mendukung apa yang disampaikan oleh Plt. Kakan Kemenag tentang moderasi umat beragama di Kabupaten Sergai.
Dengan rencana pembangunan monumen moderasi umat beragama sejalan dengan rencana pembangunan Pemerintahan Soekirman-Darma Wijaya yang ingin membangun rumah ibadah seluruh umat beragama bersandingan disatu komplek sebagai bentuk rukunnnya umat beragama di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini serta nantinya dapat menjadi tujuan wisata religi.
“Jika kita saling bersatu, saling topang menopang, maka segala yang kita cita-citakan dapat segera tercapai,” ujar Wabup sembari menutup sambutannya,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua DPRD dr Riski Ramadhan Hasibuan, berharap, kedepannya semua pihak dapat semakin solid dan bersatu membangun Kabupaten Sergai yang memiliki program pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.
Kegiatan diisi dengan penyerahan santunan dan penghargaan kepada tokoh moderasi beragama, purna bakti, pelajar madrasah berprestasi serta anak yatim dan piatu. (MS6)