Hari Ini IHSG Naik, Rupiah Turun

mediasumutku.com| MEDAN- Selama sesi perdagangan berlangsung, IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) berada di zona hijau. Bahkan, tren kenaikan IHSG terus berlanjut hingga sesi penutupan.

Analis Keuangan Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, tekanan baru terlihat di sesi kedua, sementara untuk sesi 1 IHSG mampu membukukan tren kenaikan hingga penutupan sesi pertama berakhir. IHSG ditutup menguat 1.28% di level 6.153,63.

“Selanjutnya pelaku pasar akan terus mencermati perkembangan dari gedung parlemen AS yang menetapkan Biden sebagai presiden terpilih AS nantinya. Meskipun diwarnai aksi demonstrasi yang berujung anarkis,”katanya, Kamis (7/1/2021).

Pelaku pasar sepertinya lebih melihat jauh kedepan terkait dengan prosfek ekonomi AS di tengah Pandemi, ketimbang asi demonstrasi yang diyakini tidak akan merubah penetapan Presiden pemenang PILPRES.

“Namun, ada sejumlah even penting yang akan digelar di AS. Salah satunya adalah pernyataan Gubernur Bank Sentral AS terkait ekonomi AS sendiri. Disini saya menilai pelaku pasar akan bersikap wait and see. Dikarenakan pernyataan atau minutes dari Gubernur Bank Sentral AS merupakan hal yang sulit diprediksikan isinya,”katanya.

Sehingga, sejauh ini data data ekonomi AS yang diyakini masih akan memburuk dalam rilisnya nanti. Akanmenjadi sentiment negative bagi pasar keuangan. Meskipun tekanan yang dtimbulkan dari rilis data tersebut tidaklah signifikan. Level tekanannya menengah atau medium.

Sementara itu, nasib berbeda justru ditunjukan oleh kinerja mata uang Rupiah. Dimana, mata uang Rupiah mengalami pelemahan di level 14.190 pada penutupan perdagangan hari ini.(MS11)