Kementerian BUMN Resmikan Gedung Inalum di Batubara

mediasumutki.com| MEDAN- Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mewakili Menteri BUMN meresmikan sekaligus penandatanganan prasasti gedung delapan lantai milik PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum yang pertama di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, secara fisik dan virtual di Ballroom Kantor Utama Inalum Kuala Tanjung, Sumatera Utara, Senin (11/1/2021).

Persemian gedung Inalum tersebut sekaligus memperingati ulang tahun Inalum ke-45. Acara ulang tahun Inalum diwarnai dengan pemberian santunan secara simbolis kepada 145 anak yatim.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury berharap, keberadaan gedung baru ini dapat mendukung operasional Inalum untuk menjadi pabrik peleburan aluminium terdepan, meningkatkan kapasitas produksi dan menjadi referensi pasar aluminium dunia.

“Saya percaya saat ini Inalum berada di tangan dan jalur yang tepat untuk menjadi pabrik peleburan aluminium terdepan dengan berlandaskan nilai-nilai akhlak. Diharapkan mampu menjalankan operasionalnya dengan nilai AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif) untuk memberikan yang terbaik bagi negeri dan masyarakat,” tuturnya.

Selain nilai AKHLAK, Inalum juga senantiasa mengamalkan key behaviour yaitu Agile, Going Extra Mile dan Accountable serta nilai-nilai ProsPeKTIF (Profesional, Pengembangan, Kerjasama, Tanggung Jawab, Integritas dan Faedah). Nilai-nilai ini ditampilkan oleh Inalum pada acara tersebut melalui mapping dance yang memanjakan mata para peserta.

Komisaris Utama Inalum, Agus Tjahajana Wirakusumah berharap, agar di usia yang ke-45 Inalum dapat terus berkembang.

“Empat setengah dasawarsa bukan perjalanan yang mudah, tantangan akan terus bertambah namun Inalum harus tetap mampu melewati tantangan di masa kini dan masa yang akan datang. Dengan adanya gedung baru ini diharapkan menjadi salah satu milestone Inalum untuk lebih maju ke depannya,” harap Agus.

Lebih lanjut Group CEO MIND ID, Orias Petrus Moedak yang hadir secara virtual juga menegaskan, bahwa Inalum harus dapat terus melakukan ekspansi usaha demi mengejar visi Perusahaan.

“Melalui tema akselerasi transformasi dan ekspansi di HUT ke-45 ini, harapannya di tengah situasi sulit pandemi Covid-19 sekalipun Inalum harus terus bergerak cepat dan melakukan ekspansi usaha,” tutur Orias.

Direktur Pelaksana Inalum, Oggy Achmad Kosasih dalam sambutannya mengatakan, pada HUT ke-45 ini, Inalum memiliki target jangka panjang yang harus dicapai pada tahun 2030 mendatang.

“Inalum sangat berambisi untuk dapat mengembangkan sayapnya menjadi perusahaan besar berbasis Aluminium yang terintegrasi dengan kapasitas produksi aluminium menjadi sekitar 1,3 juta ton Aluminium per tahun di tahun 2030,” ujar Oggy.

Sementara, Bupati Batubara, Zahir, yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap Inalum di usia yang ke-45 tahun.

“Di usia yang cukup matang, Inalum telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan daerah dan nasional. Batu Bara tidak dapat sebesar ini tanpa adanya Inalum,” pungkas Zahir.(MS11)