HUT Ke 17 Tahun, Pelaku UMKM Dapat Bingkisan

mediasumutku.com|SERGAI-Masih dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-17, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memberikan bingkisan kepada sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di beberapa desa Kabupaten Serdang Bedagai.

Diantaranya, Desa Sei Buluh dan Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah dan Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul.
Hadir dalam pemberian bingkisan, Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya, Asisten Pemerintahan dan Pembangunan Nina Deliana, Asisten Ekbang Kaharuddin, Asisten Administrasi Umum Irwani Jamilah, Kadis Nakerkopum Nasrul Aziz Siregar, Kabag Kesra Arianto, Kabag Perekonomian Sariful Azhar.
Wabup Sergai, Darma Wijaya menyebutkan, kegiatan ini pemberian bingkisan kepada pelaku UMKM karena UMKM menjadi salah satu fokus perhatian pemerintah daerah, mengingat begitu banyaknya potensi UMKM di Sergai yang dapat dijadikan komoditas utama daerah di pasar nasional maupun internasional.
“Dengan bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban pelaku UMKM dan memberikan semangat untuk lebih maju lagi meski dalam kondisi sulit akibat diterpa pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai ini. Kita berharap, akan terus dapat memberikan perhatian dan bantuan kepada pelaku UMKM ini secara merata dan berkesinambungan,” ucapnya.

Darma Wijaya mengatakan, wirausaha ini adalah bentuk profesi yang tidak dapat dipandang remeh. Karena, penghasilan pelaku UMKM bisa melebihi penghasilan dari profesi lain.

“Asalkan dikelola dengan profesional serta didukung juga oleh pangsa pasar yang bagus dan berprospek cerah, katanya,” ujarnya.
Dihadapan pelaku UMKM, Wabup Sergai, Darma Wijaya juga meminta, kepada OPD (Organisasi Pimpinan Daerah) dan seluruh unsur terkait untuk membantu memfasilitasi bantuan, baik yang berasal dari pusat, provinsi, kabupaten juga bantuan permodalan dari perbankan.
“Soal ada kendala teknis peminjaman di perbankan, kita akan menjamin atas pinjaman UMKM tersebut, selama memang benar-benar dilaksanakan sesuai prosedur yang berlaku serta akan taat menjalankan kewajiban sebagai peminjam modal,” ujarnya.
Terkait dengan pandemi Covid 19 yang belum berakhir, Wabup mengimbau, kepada masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19 dengan tetap menerapkan 3M yaitu, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Hal demikian agar kita tidak ikut terpapar Covid-19 serta dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di kabupaten yang kita cintai ini,” pungkasnya. (MS6)