Tri Siapkan Tren Musik di Tahun 2021

mediasumutku.com|MEDAN-Adanya tren dalam industri musik sudah bukan merupakan hal yang asing. Mulai dari tren gaya, tren dalam cara mendengarkan musik, hingga tren teknologi yang menghadirkan musik. Tidak terkecuali pada tahun 2021 ini.

Christo Putra, Head of Music and Content Resso Indonesia mengatakan, ada tiga tren musik teratas di tahun 2021 berdasarkan hasil survei berjudul Indonesia Music 2021 Outlook yang dilakukan oleh Provetic bersama dengan Resso dan TikTok, yang melibatkan lebih dari 100 responden dari industri musik mulai dari musisi, pencipta lagu, produser, dan pelaku industri musik lainnya.

Pertama, pendengar akan disuguhi dengan genre yang lebih beragam
Kita semua pasti telah memiliki genre yang disukai dan didengarkan setiap hari, namun 2020 juga telah mengajarkan kita betapa menyenangkannya untuk dapat mengeksplor genre yang lebih luas lagi.

“Selama pandemi, semakin banyak orang yang tertarik untuk mencari dan menemukan musik dan genre baru sebagai cara untuk menghibur mereka,”katanya, Senin (11/1/2021).

Berdasarkan hasil survei, 20 persen responden juga melihat kolaborasi multi genre sebagai tren industri musik di tahun 2021. Tren ini juga didukung oleh adanya platform streaming musik, seperti Resso, yang menawarkan fitur seperti, Your Daily Mix yang memungkinkan pengguna untuk menerima rekomendasi musik baru yang menyesuaikan selera musik mereka atau serupa dengan musisi yang biasanya mereka dengarkan. Tren ini kemungkinan besar akan berlanjut tahun ini karena orang-orang masih akan menggunakan musik sebagai hiburan mereka.

“Kedua, yakni, berbagai platform streaming musik diharapkan dapat berperan dalam membantu membangun kolaborasi dan menghubungkan artis dengan pendengarnya. Berbagai platform streaming musik akan memikul tanggung jawab tambahan setelah adanya pandemi,” ujarnya.

Ketiga, fitur sosial pada platform streaming musik merupakan fitur yang paling diminati database musik yang lengkap, algoritma yang canggih, dan audio berkualitas tinggi adalah syarat-syarat mendasar yang harus dimiliki platform streaming musik saat ini. Tapi ada satu hal lainnya yang menonjol dari yang lain, yaitu fitur sosial.

“Di tahun baru 2021, kita akan melihat lebih banyak kreativitas dan kolaborasi dalam industri musik Indonesia. Resso juga ingin mengambil bagian di dalamnya dan lebih menciptakan kolaborasi yang bermakna dengan musisi, untuk membantu mereka terhubung dengan audiens mereka. Kami berharap dapat menciptakan dampak yang lebih positif tahun ini,” katanya. (MS11)