Majukan Metrologi di Kawasan Industri Terpadu, Pemerintah Pusat dan Daerah Bersinergi

mediasumutku.com| MEDAN– Kementerian Perdagangan akan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk terus memajukan metrologi legal Indonesia di masa mendatang. Salah satunya, dengan berkolaborasi bersama pemerintah daerah dalam membangun infrastruktur mutu sehingga, dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian daerah.

“Diharapkan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah tetap terjaga sehingga dapat saling berbagi informasi dan pengalaman dalam penyelenggaraan kegiatan metrologi di daerah. Hal ini bertujuan agar peran perlindungan konsumen dan tertib niaga menjadi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,” ujar irektur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga, Veri Anggrijono, Selasa (12/1/2021).

Sementara itu, Direktur Metrologi Rusmin Amin mengungkapkan, pemerintah pusat akan mendukung pengembangan metrologi untuk pertumbuhan industri di daerah, seperti Kawasan Industri Terpadu (KIT) di Batang, Jawa Tengah. Salah satunya, melalui berkolaborasi dengan Badan Standardisasi Nasional
(BSN) dan Komite Akreditasi Nasional (KAN).

“Dengan adanya KIT Batang akan mendorong pengembangan perekonomian di Kabupaten Batang. Untuk itu, diperlukan sinergi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan metrologi legal, metrologi ilmiah, dan metrologi industri dalam mendukung KIT Batang,” kata Rusmin.(MS11)