Wong Chun Sen : Rayakan Imlek Dengan Sederhana dan Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

mediasumutku.com | MEDAN – Perayaan Tahun Baru Imlek 2572 yang tahun ini jatuh pada tanggal 12 Februari 2021, menurut Anggota DPRD Medan dari Fraksi PDI Perjuangan Drs. Wong Chun Sen Tarigan, M.PdB bahwa perayaan Tahun Baru Imlek tahun ini menjadi sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Itu sebabnya, Wong mengajak seluruh umat, khususnya yang merayakan Imlek agar bisa menahan diri untuk tidak merayakannya dengan cara-cara yang berlebihan.

Hal tersebut disampaikan Wong Chun Sen, Sabtu (23/1/2021). Menurutnya, Imlek, seharusnya menjadi hari yang berbahagia bagi masyarakat suku Tionghoa yang merayakannya. Lunar New Year atau Spring Festival di China merupakan momen berkumpulnya keluarga dan biasanya masyarakat akan bepergian ke luar kota.

“Dari beberapa informasi yang kita dapat, masyarakat di beberapa daerah di China harus menerima kenyataan bahwa berbagai perayaan terpaksa dibatalkan karena wabah virus corona. Angka warga masyarakat kita yang tertular Virus Covid-19 di Indonesia juga mengalami peningkatan,” paparnya.

Sampai saat ini, masih berdasarkan infomasi yang kita baca di berbagai media menyampaikan bahwa pemerintah China masih memberlakukan karantina bagi Kota Wuhan. Sementara itu, setidaknya ada 10 kota di China yang dinilai berbahaya untuk dikunjungi yaitu, Wuhan, Guangdong, Jiangxi, Zheijang, Ezhou, Huanggang, Chongqing, Tianjin, Shanghai, dan Beijing.

“Walau pun terasa sangat berat, menyambut dan merayakan Imlek 2572 tahun ini, kita harus mematuhi aturan protokol kesehatan dan menghindari kerumunan. Mari merayakan Imlek dengan sederhana, hindari pesta-pesta berlebihan, jangan terlalu lama berkumpul. Virus ini akan segera berlalu apabila kita benar-benar mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya.

Dengan adanya program vaksinasi vaksin Covid-19, kata Wong Chun Sen yang juga Ketua Gemabudhi Sumut tidak menjamin kita kebal terhadap virus Covid-19. Kemana pun kita bepergian, gunakan selalu masker, rajin mencuci tangan dan hindari kerumunan.

“Pandemi Covid-19 telah mengubah tatanan dan tradisi kita selama ini yang bisa saling sapa, saling mengunjungi dan bisa berkumpul makan bersama keluarga. Untuk tahun ini terasa sangat jauh berbeda, tidak hanya perayaan Imlek, perayaan Natal dan Idulfitri juga harus dengan besar hati kita rayakan di rumah saja bersama keluarga,” tandasnya.

Ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2572, kata Tarigan masih bisa kita sampaikan lewat komunikasi dan media sosial. Ingin bertatap muka bisa kita lakukan lewat zoom atau aplikasi lainnya yang membuat kita tidak harus berkerumun, berkumpul atau malah tertular virus ini saat berada di luar rumah.